BERANDA  TENTANG KAMI  LAYANAN  PENGALAMAN BERITA & PANDANGAN JARINGAN BISNIS HUBUNGI KAMI  
LAYANAN
Perkeretaapian
Transportasi Kota  
Transportasi Jalan
Lingkungan Hidup
Pengembangan Bisnis
   
New Cikarang Station (planning)
 
 
Layanan Perkeretaapian
AFILIASI INSTITUT
     
Kilasan

Sektor kereta api, merupakan bisnis utama INDOTEK, kami memainkan peranan penting dalam penyediaan jasa konsultasi pekerjaan proyek peningkatan dan pembangunan baru jalur perkeretaapian di Indonesia (many railway improvement projects and new contruction projects), semenjak tahun 2000.

Dibanyak kesempatan, INDOTEK melakukan kerjasama dalam berbagai bentuk (konsorsium, asosiasi dan subkontrak) dengan perusahaan-perusahaan konsultan international seperti; Pacific International Consultant (PCI), Nippon Koei (jepang), Schoofer Infrastructure Consulting GmbH (Jerman).

 

Pengalaman kerjasama ini, makin menambah wawasan dan kemampuan INDOTEK dalam ikut mewujudkan dan memodernisasikan sektor perkeretaapian, yang kedepan harus terus dipacu untuk lebih berperan di Indonesia. Agar tercipta sistem transportasi yang handal dan efisien, dalam rangka perwujudan suatu infrastruktur sosio ekonomi yang kuat (fundamental socioeconomic infrastructur).

Dukungan para expert dan engineer kami, yang senantiasa dipacu untuk mengikuti pelatihan yang intensif dan alih kemampuan (knowledge transfer), pengalaman mengenal kondisi geografi setempat serta bank data yang kuat, merupakan modal utama untuk menyelesaikan setiap pekerjaan yang dilaksanakan.

Station Angke (existing)

 

Angke Station (planning)
Bisnis dan Pengalaman

Para tenaga ahli Indotek, mampu dan berpengalaman luas dalam pekerjaan-pekerjaan engineering permanent ways, elektrifikasi, signaling, telekomunikasi, rolling stock, depo dan sistem operasi kereta api.

Sejauh ini, INDOTEK telah melakukan berbagai studi kelayakan, engineering design, manajemen dan supervisi konstruksi, peningkatan keselamatan dan kelancaran operasi (termasuk sistim ticketing, pembangunan plaza stasiun dan sterilisasi stasiun). Diantaranya berikut kami berikan gambaran umum tentang lingkup pekerjaan yang telah dilaksanakan.

Sokerno – Hatta International Airpot Railway Link – SHIARL (2007), berupa feasibility study yang mencakup pekerjaan analisis permintaan perjalanan, sistem operasi, permanentway, signaling, telecommunication dan electrification system, kelayakan ekonomi dan finansial, environmental impact assessment dan business plan. Hasil studi ini menjadi landasan utama SMART LINK (Railink, Jasa Marga dan Wijaya Karya) untuk di implementasikan.

Bojonegara – Cilegon Railway Development, berupa basic design (2005) dan Detail Engineering Design (2006). Pembangunan baru jalan kereta api perpanjangan dari Cilegon sampai Bojonegara (25 km) yang merupakan lokasi pembangunan pelabuhan laut baru di Banten.

Central Kalimantan Coal Railway Transportation (2007), berupa Basic Design Engineering. Lingkup pekerjaanya meliputi pembangunan baru jalur kereta api untuk angkutan batubara, menggantikan peran angkutan sungai dan road transport.

Tegal – Pekalongan Double Track Development (2005), berupa Detail Engineering Design peningkatan kapasitas melalui pembangunan double track. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan kapasitas rel yang sekarang ini hampir mencapai tahap jenuh (over capacity). Jalur ini merupakan bagian dari lintas kereta api utara Jawa yang sangat sibuk dan perencanaannya sangat strategis.